Monday, October 1, 2012

Jangkrik full tahu sebagai asupan bergizi tinggi untuk burung murai batu

Proses pengolahan tahu untuk pakan jangkrikBeberapa bulan terakhir mungkin kita dipusingkan oleh meroketnya harga kroto. Nah, apakah tidak ada alternatif lain untuk pengganti kroto? Ada dan sangat mudah kita dapatkan. Apa itu? Tahu. Nama makanan sehari-hari sebagian besar rakyat Indonesia yang belum lama ini namanya meroket gara-gara harga kedelai sebagai bahan bakunya meroket.
Apa bisa tahu sebagai alternatif pengganti kroto? Bisa, minimal itulah yang sudah dilakukan Om Tony Alamsyah alias Bajak Laut, majikan Bird Black Keeping (BBK) Cilacap. Berikut ini cerita Om Bajak:



Cara ini sudah saya lakukan sebagai solusi menghilangkan ketergantungan peternak pada kroto. Setidaknya sekarang saya sudah punya slogan “SAY NO TO KROTO” hehehehehehehe. Secara logika, sebenernya kroto bukanlah makanan utama untuk murai batu. Saya sendiri sekarang “TOTAL” hanya menggunakan jangkrik untuk pakan indukan.
Trik ini tentu saya gunakan untuk menekan biaya produksi. Tetapi yang paling utama adalah bagaimana cara menyajikan jangkrik yang penuh dengan asupan gizi, sehingga jangkrik yang dimakan indukan murai bukanlah jangkrik dengan perut kosong atau jangkrik kopong atau dengan kata lain, 

“KITA MEMBERI MAKAN JANGKRIK TERLEBIH DAHULU SEBELUM MENJADI ASUPAN INDUKAN MURAI BATU”.
Sebelum menggunakan tahu, saya menggunakan serbuk bubur bayi atau tepung panir untuk pakan jangkrik, tetapi kadar vitamin E untuk meningkatkan produksi sperma dan ovum pada burung masing kurang, sehingga dengan TAHU saya bisa mengontrol Vitamin E sebagai racikan tambahan di pakan jangkrik tersebut (yang pasti mahallah pakai bubur bayi kikikikiki).
Tahu sendiri kan bahan dasarnya kedelai yang tentu kandungan Vitamin E-nya sudah tinggi. Cara ini praktis walaupun agak repot, tapi yang pasti jos gandoslah.

Caranya begini preeeen:

Proses pengolahan tahu untuk pakan jangkrik
  1. Beli tahu putih, untuk 1 karung jangkrik cukup 2 plastik (di pasar Limbangan Cilacap cuma Rp. 4.000), taruh di baskom plastik lalu remas-remas. 
  2. Taruh tahu di nampan atau di media yang lebar, bebas pokoknya, gelar tipis dan jemur di matahari untuk mengurangi secara maksimal kadar air. 
  3. Setelah 4 jam, taruh kembali tahu tersebut di baskom dan beri tambahan Vitamin E. Remas-remas lagi tentunya dan vitaminnya bisa testomin atau vitamin infertilitas atau vitamin yang lain dan jangan lupa kasih garam untuk tambahan vitamin D dan biar gurih tentunya 
  4. Gelar lagi di nampan dan angin-anginkan dan jangan dijemur di tempat panas biar kandungan vitaminnya tidak hilang. 
  5. Sorenya taruh di piring kecil dan sajikan di baskom jangkrik kandang murai kita atau di kotak jangrik. 
  6. Tes saja paginya, Jangrik-jangkrik tersebut sudah terlihat makan dan perutnya penuh tahu yang full gizi.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts